5 Alasan untuk Membatasi Paparan Anak Anda terhadap Gadget Teknologi

Kids to gadgets: not advisable – VERBUM

Anda dapat membayangkan betapa tidak populernya terapis okupasi Pediatrik, Cris Rowan, ketika dia mengajukan permohonan pelarangan semua perangkat genggam pada anak-anak di bawah 12 tahun. Tentu saja, hal ini membuat orang tua marah, sebab gadget merupakan hal penting termasuk dalam membimbing anak. Banyak berita gadget menghubungkan kebutuhan anak anak trhadap gadget. tetapi ada banyak alasan kesehatan mengapa kita harus membatasi seberapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak kita dengan perangkat genggam, dan di depan layar. Berikut ini beberapa yang perlu dipertimbangkan.

Latihan Dibutuhkan untuk Otak yang Lebih Baik

Terlalu banyak waktu dengan teknologi menyebabkan anak tidak cukup berolahraga. Kurang olahraga tidak hanya buruk bagi tubuh mereka, tetapi juga mengganggu fungsi dan perkembangan otak mereka. Faktanya, lebih banyak olahraga dan lebih sedikit penggunaan perangkat teknologi dapat membantu meningkatkan nilai dan mengurangi masalah perilaku.

Terlalu Banyak Radiasi

Kita semua pernah mendengar bahwa ponsel dapat memancarkan radiasi. Paparan radiasi telah dikaitkan dengan kanker, dan meskipun tidak ada penelitian keras, American Cancer Society merekomendasikan untuk membatasi penggunaan ponsel, terutama pada anak-anak. 

Perkembangan Balita Berisiko

Satu rangkaian penelitian menemukan bahwa balita berusia dua hingga tiga tahun yang bermain secara berlebihan dengan gadget teknologi berdampak negatif pada perkembangan kognitif mereka. Pada usia ini, anak perlu belajar bagaimana mengembangkan keterampilan motorik dan keterampilan visual dan spasial. Keterampilan ini dipelajari melalui waktu bermain tanpa gadget, bukan melalui aplikasi atau game komputer.

Ketegangan Mata Lebih Umum

Semakin banyak anak yang mengalami ketegangan mata karena terlalu lama menatap layar. Ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, kelelahan mata, masalah fokus, dan bahkan penglihatan ganda. Ingat, anak Anda masih berkembang, bahkan dalam pandangan matanya. Oleh karena itu, sebaiknya batasi waktu layar untuk memastikan mata mereka berkembang dan tetap sehat.

Postur yang Buruk

Tablet genggam juga meningkatkan postur tubuh yang buruk pada anak-anak. Mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membungkuk dan melihat layar. Anak-anak bahkan menghabiskan lebih banyak waktu berbaring di sofa atau lantai membungkuk di atas layar. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan subluksasi, atau ketidaksejajaran pada tulang belakang anak, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan atau nyeri lainnya. Postur tubuh yang buruk bahkan lebih menjadi masalah bagi remaja dan remaja, karena mereka lebih rentan terhadap sakit punggung dan masalah punggung berkembang yang akan mengikutinya di kemudian hari.

Ada banyak alasan kesehatan dan sosial untuk membatasi paparan anak Anda pada semua hal yang berhubungan dengan teknologi. Tentu saja, mereka baik untuk menghibur anak-anak, tetapi terlalu banyak waktu layar dapat merusak kesehatan dan keterampilan sosial mereka yang tidak dapat diperbaiki lagi.

Leave a Comment